Senin, 12 Agustus 2013

10 Tips Sederhana untuk Hidup yang Lebih Sehat

10 Tips Sederhana untuk Hidup yang Lebih Sehat



 Siapa sih yang tidak mau hidup sehat? Pastinya semua orang ingin hidupnya selalu sehat, karena kesehatan memang mahal harganya, jika kesehatan kita menurun pastinya segala aktivitas akan terganggu. Oleh karena itu Klinik Herbal akan memberikan 10 tips yang sederhana untuk hidup yang lebihsehat lagi. 

Berikut adalah 10 tips untuk mencapai hidup yang sehat dan sejahtera:
1.      Minum banyak air

  
Sangat disarankan untuk mengonsumsi 8-10 gelas air per hari. Tips yang bisa dilakukan adalah dengan minum segelas air sebelum makan. Kadang-kadang kita tidak benar-benar lapar tetapi hanya dehidrasi.

2.      Makan buah-buahan segar



Tahukah Anda waktu terbaik makan buah adalah diantara waktu makan atau sebelum makan? Saat makan buah sehabis makan, energi buah hanya akan disimpan tubuh dan tidak digunakan.

3.      Cukupi asupan protein



Beberapa sumber protein yang sangat baik meliputi ikan, kacang-kacangan, dan daging. Tubuh membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak.

4.      Beberapa makanan yang harus dihindari



Makanan yang sebaiknya dihindari meliputi kentang, roti putih, oatmeal instan, dan kentang goreng. Alasannya adalah makanan ini akan cepat dipecah tubuh menjadi gula.

5.      Memulai program olahraga secara teratur



Jika Anda tidak mempunyai kebiasaan berolahraga mulailah dengan latihan ringan dan perlahan-lahan beranjak ke jenis yang lebih berat.

Pilih olahraga yang Anda suka. Saat menikmati suatu jenis olahraga, peluang untuk rutin melakukannya akan semakin besar. Berolaharaga sebaiknya dilakukan 3-5 kali seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit.

6.      Sertakan sayuran mentah ke dalam makanan harian



Ahli gizi menyatakan bahwa semakin gelap warna sayuran, maka akan menyediakan kandungan gizi semakin baik. Berkonsentrasilah untuk memilih sayuran berwarna hijau tua, oranye tua, atau ungu tua, serta warna gelap lainnya.

7.      Makan makanan kecil diantara waktu makan



Makan setiap dua sampai tiga jam dalam porsi kecil amat dianjurkan, alih-alih langsung dalam porsi besar.

Ini akan membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme alami dan sangat penting untuk mengendalikan berat badan.

Dianjurkan untuk makan snack sehat. Jika Anda menunggu sampai benar-benar merasa lapar mungkin akan terlalu terlambat. Hal ini menyebabkan tubuh masuk ke keadaan puasa.

8.      Sertakan asam lemak ke dalam makanan.


Ikan dan biji rami merupakan sumber yang baik untuk asam lemak. Asam lemak dapat berkontribusi untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

9.      Makan makanan yang tinggi serat.

 

Makanan kaya serat akan membantu Anda mengontrol kadar kolesterol serta membuat lebih cepat kenyang. Makanan kaya serat dapat dijumpai pada sayuran dan buah-buahan.

10.  Konsumsi kacang-kacangan.



Segala macam kacang (almond, kacang tanah, kenari) merupakan sumber asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 merupakan lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, asam lemak juga mampu membuat rambut, kulit, dan kuku tetap sehat.


Nah, itulah beberapa tips dari Klinik Herbal, semoga anda para pembaca senantiasa diberi kesehatan.

Related Posts

10 Tips Sederhana untuk Hidup yang Lebih Sehat
4/ 5
Oleh